h1

Cinta Andromeda

27-June-2007

Cinta Andromeda

Judul: Cinta Andromeda
Penulis: Tria Barmawi
Penerbit: Gramedia, 2007

bintangbintang

Science fiction Indonesia? Larilah pada Tria Barmawi. Setelah Lost in Teleporter, Tria kembali menghadirkan novel bergenre ini. Tepatnya, perpaduan antara chicklit dan science fiction.

Cinta Andromeda berkisah tentang Salsabila, seorang gadis yang manis, cerdas tapi polos. Bagi Salsa, Andromeda adalah laki2 yang persis seperti idamannya selama ini. Ganteng (ya iyalah), sangat cerdas, sopan dan gentleman, dan nggak pernah lirik2 perempuan lain. Tanpa menyadari bahwa sosok seperti itu tentunya hanya ada dalam dongeng, hampir mustahil ditemui pada manusia biasa. Dan memang, Andro ternyata adalah humanoid alias robot yang menyerupai manusia.


Cerita ini bersetting Indonesia tahun 2070. Di mana teknologi sudah memungkinkan robot memiliki kemampuan belajar yang sangat tinggi sehingga bisa memiliki emosi dan ekspresi wajah yang natural. Andromeda adalah hasil pengembangan Nunoid Project dari Vinidici Technology, sebuah perusahaan nasional, yang diharapkan mampu menjadi robot yang memiliki emosi yang sangat natural, mampu mencintai dan dicintai. Oleh karena itu ia di’lepas’ ke alam nyata untuk berinteraksi secara intens dengan manusia, agar dapat mempelajari itu semua.

Wina, sahabat Salsa yang berprofesi sebagai jurnalis, mulai mencium ketidakberesan pada sosok Andro. Penyelidikan2 Wina ternyata diketahui oleh supervisor tim Nunoid Project, Harrison. Khawatir proyeknya terancam, Harrison pun melakukan tindakan2 yang mengancam nyawa Wina.

Keadaan semakin pelik ketika sebuah perusahaan robot terkenal, Robotech Corporation tertarik untuk berinvestasi membiayai Nunoid Project lebih lanjut. Mereka menginginkan Andromeda nggak hanya bisa mencintai, tapi juga bisa berkeluarga dan memiliki anak. Tim lalu mengatur skenario agar Salsa menikah dengan Andromeda. Andromeda diprogram agar bisa berhubungan suami-istri dan memiliki anak dengan sperma dari bank sperma.

Untuk Erik, salah seorang anggota tim, rencana itu sudah melewati batas. It’s getting way too much. Tim Nunoid Project menjadi pecah karena sebagian setuju dengan Erik untuk menyelamatkan Salsa dari rencana itu. Tapi Harrison tentu nggak tinggal diam.

Tria lagi2 berhasil menyatukan cerita cinta dengan teknologi, dibumbui dialog kocak di sana sini, dan membawa sebuah pesan moral. Nggak terlalu membuat kening berkerut, tapi tetap memiliki nuansa sains dan teknologi yang kuat, khususnya software development, where I feel like home😀.

Di tengah banyaknya novel2 cinta, Cinta Andromeda bisa menjadi pilihan. Sayangnya untuk selera pribadi gue, akhir ceritanya dan kurang menggigit. Terlalu dipaksakan agar everybody’s happy, gitu.

Aslinya dipost di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: