h1

5 cm – Just Another Review

22-August-2007

5 cm

Judul: 5 cm
Penulis: Donny Dhirgantoro
Penerbit: Grasindo

bintangbintangbintang

Buku karangan Donny Dhirgantoro ini basically menceritakan indahnya persahabatan dan ajakan untuk cinta tanah air.

Ceritanya, lima orang tokoh di buku ini sudah menjalin persahabatan selama 7 tahun. Lima tokoh ini adalah Arial yang paling ganteng, Riani sebagai satu-satunya cewek, Zafran yang sok ngerasa sebagai penyair, Ian yang paling subur badannya dan Genta yang dianggap sebagai informal leader di kelompok itu. Selain lima tokoh utama masih ada beberapa tokoh figuran yang ikut menunjang cerita ini.

Kalo udah ngumpul mereka berlima suka melakukan kegiatan-kegiatan yang rada nyeleneh. Mulai dari nyobain kafe dari yang termahal sampe yang termurah, nonton segala macam filem di bioskop dan layar tancep ato sekedar ngobrol dan becanda. Semua bisa dijadiin bahan obrolan dan becandaan di antara mereka berlima.

Bagi mereka, tak ada lagi yang bisa diobrolkan tentang Lennon, Sinatra, Che Guevara, Robert Smith, Kurt Cobain, Konfusius, Julius Sitanggang, Nobi Nobita, Froddo Baggins, ataupun Whitman…(5cm, hal. 4)

Dalam tujuh tahun persahabatan mereka, mereka akhirnya merasa ada kejenuhan di antara mereka. Mereka emang gak saling marahan, mereka cuma ngerasa ada yang mulai hilang dari kebersamaan mereka. Perasaan itu mereka ungkapkan ketika mereka berkumpul di halaman belakang rumah Arial yang biasa mereka sebut sebagai Secret Garden.

Pada saat mereka tenggelam dalam lamunan mereka, Genta the leader, mengusulkan agar mereka gak ketemuan dulu. Dan yang lebih ekstrim, Genta ngusulin agar mereka bener-bener gak saling kontak selama masa ‘perpisahan’ ini, jadi bener-bener mereka bisa mikirin diri dan mimpi-mimpi mereka masing-masing. Masa perpisahan itu mereka putusin bakal berlangsung selama 3 bulan, dan next three months itu dalam cerita ini adalah tanggal 14 Agustus. Dan Genta sudah punya rencana kegiatan yang bakal mereka lakukan 3 bulan yang akan datang.

Cerita kemudian mengalir pada kegiatan masing-masing tokoh. Arial yang jatuh cinta sama temen fitnessnya, Riani yang sukses di tempat kerjanya, Ian yang akhirnya berhasil menyelesaikan skripsinya, Genta yang sukses sebagai EO sebuah pameran dan Zafran yang semakin tergila-gila sama Arinda adik kembar Arial.

Dan akhirnya tibalah tanggal 14 Agustus yang mereka tunggu-tunggu. Diawali dengan sms dari Genta seminggu sebelumnya.

7 Agustus jam 9.00 pagi.
Selamat pagi semuanya gw kangeeeen bgt sm kalian semua, sumpah! Tgl 14 agt nanti qta ktm di stasiun kereta api senen jam 2 siang. trus kl ada acara dr 14-20 Agustus lo batalin dulu yaa. please… ini yg hrs dibw kl gak ada minjem ya. kan ada wkt seminggu: Carrier, bajuanget yg bnyk.senter dan batere .makanan dan snack buat 4 hari… kacamata item.betadine, obat.sendal sepatu. kl bs mulai hari ini olahraga kecil kecilan, apalagi buat ian,gitu aja ya.sampai ktm distasiun senen jam 2. Genta yg lg kangen.

Itu isi sms yang diterima teman-teman Genta dengan gembira. Setelah berpisah selama 3 bulan mereka antusias banget menunggu hari H tanggal 14 Agustus itu.

Dan dari tanggal 14 Agustus itu, dimulailah petualangan lima sahabat itu selama seminggu. Genta ternyata merancang kegiatan untuk mereka berupa perjalanan ke puncak tertinggi di pulau Jawa, ke puncak Mahameru. Mereka akan mengikuti pengibaran bendera Merah Putih di sana pada tanggal 17 Agustus, yang memang sering dilakukan para pencinta alam. Selama perjalanan banyak peristiwa yang makin memperkaya jiwa mereka berlima.

Apa yang mereka temui selama perjalanan dan bagaimana akhir dari cerita ini..? Mendingan baca sendiri ya.. emoticon.

Kesan

Penggambaran tokoh-tokoh utama di buku ini cukup detail, membuat kita jadi seolah-olah kenal dengan mereka. Donny sangat bagus dalam hal ini. Joke-joke dalam buku ini juga cukup cerdas. Ceritanya ringan, dan menurut saya cukup bagus untuk ukuran novel Indonesia. Dan ada beberapa bagian yang bikin gue keinget sama sahabat-sahabat gue.

Yang menurut saya rada kurang adalah konfliknya yang kurang greget, jadi semuanya kesannya gampang buat tokoh-tokohnya. Kadang kesannya rada over optimis tapi daripada pesimis kali ya..emoticon. Endingnya emang rada mengejutkan, tapi tetep happy ending dan kelima tokohnya masih tetep lurus-lurus aja, mungkin ini yang rada ngebosenin buat gue.

Eniwei, kalo lagi nganggur, buku ini asyik buat dibaca.

4 comments

  1. gw suka bgtz buku ini, da g novel indonesia yg kyk gni lagi ?


  2. NOVELLLLL NAA KERENDD SANAGDD ,
    BANYAGG INGGRISS NAA , GUWE TERTARIGG BEDD ,
    DAA GTOO ,
    KLOO DII TRANSLATEE KERENDD SANGADDDD ,
    HUFTTTTTTTT ,
    PHEE WLOUPNNN KDANGG NDAA NGERTEE ARTEE NAA ,
    HUHUHUHUHUHUHU*
    PHEE GUWE ACUNGINDD 10 JAREE KERENDD SANGADDDDDD DAA
    PGNNN LIADD PILEMM NAA ,
    GMNHH IAKK . ?


  3. novelnya kren bgd,,, bkin pgn k mahameru .

    me: dah jadi ke mahameru blom..?


  4. bukux keren, awalnya sy tertarik ama judulx… pas di baca eh ternyata leeebeehhh kuueereen!!!!
    dan jujur, setelah baca buku ini list buat keliling indonesiaku nambah lg… pengen ke mahameru!!!

    ouwh… mahameruuuuu i’m coming….
    wait me! ok?



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: